Setiap orang saat ini pastinya memang tengah dibuat khawatir dengan adanya wabah virus Corona. Tak hanya di Indonesia saja, melainkan seluruh dunia pastinya tengah resah dengan hal tersebut. Mengingat persebaran dari penyakit ini terbilang cukup cepat, begitu juga dengan angka kematian yang disebabkan olehnya tergolong cukup tinggi sampai dengan puluhan ribu jiwa di seluruh dunia. Sangat mungkin juga nantinya jumlah tersebut akan mengalami peningkatan seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk itu sebisa mungkin sebaiknya kita harus menerapkan berbagai macam upaya untuk mencegah agar tidak sampai tertular. Karena memang sekalinya tertular memang bukan hanya diri Anda saja. Melainkan orang-orang tercinta yang ada di sekitar Anda juga beresiko tinggi untuk tertular. Patut untuk diingat bahwa sampai sekarang ini belum ada vaksin yang bisa secara efektif menangkal virus tersebut. Apalagi bagi orang-orang yang sebelumnya sudah memiliki penyakit bawaan, maka resiko komplikasi juga semakin tinggi.

Meningkatkan kekebalan tubuh pada dasarnya adalah cara terpenting yang benar-benar harus dilakukan untuk bisa terhindar dari bahaya virus Corona ini. Karena dengan sistem imuns yang kuat, maka tubuh sudah memiliki pertahanan yang kuat di dalam melawan virus yang menginfeksi diri tersebut. Hanya saja ternyata ada beberapa hal juga yang dapat memicu sistem imuns mengalami penurunan atau melemah, diantaranya adalah:

  1. Stres, Anda pastinya pernah mengalami suatu kondisi dimana banyak beban pikiran yang menyebabkan stres bukan. Apalagi di tengah wabah yang seperti sekarang ini. jika tidak dikelola dengan baik maka dampaknya juga sangatlah membahayakan. Mengingat bagaimanapun nantinya stres akan memicu sistem kekebalan tubuh menjadi turun, akibatnya virus akan jauh lebih mudah menyerang.
  2. Tidak banyak bergerak atau beraktivitas, hanya duduk diam atau rebahan di dalam rumah ternyata juga beresiko tinggi untuk membuat sistem imuns melemah, jadi akan mudah mengalami masalah kesehatan mulai diantaranya adalah peradangan sampai dengan resiko terjangkit penyakit kronis. Untuk itu sebisa mungkin meskipun Anda tengah di karantina sebaiknya tetap bergerak, melakukan olahraga ringan di dalam rumah, sehingga daya tahan tubuh juga tetap terjaga.
  3. Berlebihan dalam berolahraga, olahraga pada dasarnya memang termasuk kegiatan menyehatkan, karena membuat tubuh lebih bugar bahkan juga membantu Anda untuk dapatkan bentuk badan idaman. Namun jika seandainya hal tersebut dilakukan secara berlebihan atau sampai mengalami kondisi overtraining hanya akan membuat kekebalan tubuh menjadi lemah sehingga tingkatkan resiko terkena infeksi.
  4. Merokok, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya perokok lebih rentan terserang beragam jenis penyakit dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Mengingat faktanya zat-zat yang ada di dalam rokok memang bersifat racun bagi tubuh. Sehingga nantinya dapat menurunkan sistem kekebalan dan mempermudah resiko terserang infeksi.
  5. Terlalu banyak terkena sinar UV, menghabiskan waktu terlalu banyak di luar ruangan, apalagi dengan paparan sinar matahari secara langsung memang berbahaya, tidak hanya beresiko untuk merusak kulit Anda. Melainkan kondisi semacam ini juga bisa membuat sistem imuns menjadi lemah, menurunkan pertahanan tubuh dan lebih mudah untuk terkena infeksi dan beragam jenis penyakit yang lainnya.

Untuk itu sebaiknya hindari 5 hal di atas dan ada baiknya dalam menerapkan pola hidup sehat agar sistem imuns kembali kuat dan bisa menghadapi wabah virus Corona seperti sekarang ini. temukan berbagai macam informasi kesehatan lainnya di situs Halodoc.