Setiap rumah pastinya memiliki saluran air di dalamnya. Entah itu untuk saluran air bekas mandi atau juga saluran air untuk mengalirkan air dari sumur ke keran. Nah oleh sebab itu tentu saja pipa PVC dibutuhkan dalam membuat suatu saluran air. Dalam memilih pipa untuk membangun saluran air tentu saja kita tidak boleh sembarangan. Berikut dibawah ini adalah beberapa tips memilih ukuran pipa PVC sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Pipa PVC Sesuai Kebutuhan

1. Mengetahui Jenis Pipa yang Diinginkan

Sebelum anda memilih ukuran pipa yang sesuai dengan kebutuhan, tentu saja anda juga harus mengetahui dulu tentang jenis-jenis pipa PVC yang sudah saya berikan pada postingan sebelumnya. Sebaiknya anda ketahui dan pelajari dulu jenis-jenis pipa PVC yang tersedia, anda juga harus mengetahui tentang ketebalan dan juga ketipisan yang pastinya akan mempengaruhi dari daya guna pipa PVC.

2. Memastikan Kekuatan Pipa PVC

Saat kita berkunjung ke toko bangunan untuk membeli pipa PVC tentu saja kita akan ditawarkan beberapa merk dan juga tipe pipa PVC yang dijual di toko bangunan tersebut. Merk pipa PVC tersebut kebanyakan pasti Rucika, Wavin dan juga Intilon. Setiap merk pastinya mempunyai kualitas yang berbeda, anda sesuaikan dengan kebutuhan saja.

3. Menyesuaikan Ukuran Pipa

Hal ini tidak kalah penting, dalam memilih pipa pvc anda harus menyesuaikan ukuran pipa yang dibutuhkan. Jika sampai anda salah dalam membeli ukuran pipa maka akibatnya anda akan mengeluarkan uang lagi guna membeli pipa dengan ukuran yang benar. Anda harus berhati-hati dalam memilih ukuran pipa, sebaiknya anda tentukan kira-kira butuh berapa pipa karena ini akna mempengaruhi budget pastinya.

4. Membedakan Masing-masing Saluran Pipa

Dalam membangun sebuah saluran air tentu saja anda terkadang juga membutuhkan lebih dari satu jenis pipa. Nah jenis pipa yang berbeda ini tentu saja juga memiliki manfaat yang berbeda pula. Pipa untuk air biasa dan juga pipa panas tentu saja memiliki tipe yang berbeda-beda. Misalnya saja saat digunakan untuk saluran air panas, tentu saja anda harus memilih pipa yang bisa tahan panas sampai 85 derajat.