Berat Badan Ideal

  • 2 min read
  • Dec 17, 2020
Berat Badan Ideal

Menghitung berat badan ideal kini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Memang berat badan yang ideal menjadi impian dan dambaan bagi semua orang. Sebab berat badan yang ideal cenderung menandakan tubuh yang sehat. Selain itu berat badan yang ideal akan semakin memperindah penampilan. Maka jika Anda memiliki berat badan yang ideal tentunya penampilan Anda akan tampak lebih menarik. Di samping itu penampilan Anda juga akan tampak lebih sehat. Maka tak heran bila sekarang ini semakin banyak orang yang selalu menjaga berat badannya. Misalnya dengan cara melakukan perhitungan berat badan secara berkala. Perhitungan yang akurat bisa dilakukan dengan menggunakan kalkulator kalori dan BMI.

  1. Temukan situs

Berat badan ideal bisa dihitung dengan cara yang lebih mudah dan lebih praktis. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kalkulator BMI. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan kalkulator BMI kini bisa dilakukan secara online. Jadi Anda tinggal mengaksesnya di internet untuk dapat melakukan perhitungan. Namun jangan lupa untuk mencari situs yang di dalamnya tersedia kalkulator BMI. Jika memang Anda telah menemukan situs tersebut maka Anda bisa masuk ke dalam laman perhitungan berat badan ideal. Tentunya setelah menemukan kalkulator BMI maka Anda bisa mulai melakukan proses perhitungan.

  1. Cantumkan data

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk melakukan perhitungan ini adalah dengan cara mengisikan data pribadi yang diminta di kalkulator BMI tersebut. Data pribadi yang harus dicantumkan meliputi jenis kelamin dan usia Anda. Kedua hal ini perlu untuk dicantumkan agar nantinya kalkulator BMI bisa melakukan proses perhitungan berat badan Anda secara tepat. Selanjutnya yang juga penting untuk dicantumkan adalah berat badan dan tinggi badan. Berat badan dicantumkan dengan menggunakan satuan kg. Sedangkan tinggi badan dicantumkan dengan menggunakan satuan cm. Untuk mencantumkan hal ini maka Anda sudah seharusnya mengetahui dengan tepat berat badan dan tinggi badan Anda. Sebab data yang dicantumkan dalam kalkulator BMI ini haruslah tepat. Data yang tepat akan mendukung kalkulator BMI untuk memberikan hasil yang akurat.

  1. Cek hasil

Setelah Anda memasukkan seluruh data Anda maka Anda bisa klik tombol cek untuk mengetahui hasilnya. Hasil yang ditunjukkan oleh kalkulator BMI ini berupa angka. Selain itu hasil yang akan keluar juga berupa predikat atau kategori tubuh Anda. Jika hasil perhitungan menunjukkan angka di bawah 18 berarti berat badan Anda tergolong kurang. Namun jika berat badan Anda di antara 18 hingga 23 maka berarti Anda memiliki berat badan yang ideal. Untuk angka 23 hingga 25 menunjukkan kategori gemuk. Sedangkan angka 25 hingga 28 menunjukkan kondisi badan pre-obesitas. Jika hasil perhitungan kalkulator BMI menunjukkan angka di atas 28 maka berarti Anda disebut mengalami obesitas.

Menghitung berat badan ideal dengan menggunakan beberapa cara di atas tentu saja bisa Anda lakukan kapanpun Anda menginginkannya. Tentunya Anda bisa memilih berbagai cara yang diinginkan untuk menghitung berat badan Anda. Dengan melakukan perhitungan berat badan maka Anda bisa tahu dengan jelas apakah badan Anda termasuk ideal ataukah tidak. Terlebih lagi jika Anda melakukan perhitungan ini secara berkala. Maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan upaya untuk menjaga berat badan Anda agar selalu ideal. Salah satunya bisa dengan menggunakan fitur yang diberikan oleh Klikdokter.com yang dijamin mudah digunakan dan tidak memerlukan biaya apapun.