Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang memberikan perlindungan untuk kesehatan jiwa. Salah satu program asuransi kesehatan Allianz adalah Smartmed Premier. Program Smartmed Premier memberikan penggantian biaya perawatan secara komprehensif dengan jangkauan seluruh dunia jika seseorang mengalami penyakit dan termasuk dalam program asuransi kesehatan untuk manfaat pemakaman, hemodialisis, kemoterapi, evakuasi darurat dan repatriasi serta optional untuk solusi membayarkan fasilitas kesehatan. Adanya asuransi kesehatan akan memberikan kemudahan untuk tidak perlu takut masalah biaya yang besar jika harus rawat inap dan rawat jalan dengan konsultasi dokter spesialis. Klaim asuransi Allianz Life Indonesia lebih mudah asalkan syarat dan dokumen terpenuhi.

Untuk mengajukan polis ini maka harus melengkapi formulir aplikasi asuransi kesehatan perorangan, ilustrasi manfaat yang sudah ditandatangani oleh tertanggung, fotokopi kartu identitas, melengkapi dokumen lainnya. Usia masuk tertanggung sekitar 15 hari hingga 75 tahun jiwa rawat inap dan wanita melahirkan berusia 16 tahun hingga 45 tahun dengan usia pertanggungan hingga 80 tahun dan 46 tahun untuk melahirkan. Masa tunggu hingga 30 hari berlakunya polis dan untuk kehamilan selama 9 bulan pada 10 hari pertama dengan pilihan pembayaran premi dilakukan semesteran, kwartalan, bulanan maupun tahunan, dengan mata uang Rupiah dan memiliki full medical underwriting dimana pemegang polis tidak sama dengan tertanggung.

Berikut adalah keunggulan dari Smartmed Premier diantaranya:

  • Pembayaran sesuai tagihan dengan limit tahunan dan limit dasar atau limit dasar yang berlaku dengan memiliki R&B dari plan yang telah ada atau memilih rumah sakit yang ada di Amerika Serikat.
  • Menggunakan fasilitas medis kelas VIP dengan kemudahan dalam menggesek kartu dalam jangkauan penyedia jaringan di Malaysia, Singapura dan Indonesia.
  • Memberikan kebebasan untuk dapat memilih 10 personalisasi plan dan beberapa manfaat tambahan sesuai dengan kebutuhan pada besaran premi.
  • Menikmati layanan co-share untuk 20%, 10% dan )% jika perjanjian antara tertanggung dan penanggung diatur persentasenya untuk biaya yang ditanggung sesuai kebutuhan premi.
  • Manfaat untuk HIV/AIDS yang disebabkan oleh apapun tanpa layanan rawat inap.

Simulasi produk seperti tertanggung berusia 30 tahun seorang laki-laki yang memiliki manfaat rawat inap, rawat jalan dan rawat gigi. Tertanggung merupakan istri. Pembelian polis tertanggung di diskon dengan premi tahunan sekitar Rp26 juta dan polis keluarga mendapatkan diskon 5% sehingga menjadi Rp24 juta. Pada tahun kedua tertanggung akan mendapatkan no claim bonus sebanyak 20% dari premi tahun sebelumnya sehingga hanya akan membayar premi sekitar Rp19 juta. Memasuki tahun ketiga pemegang polis masuk rumah sakit namun tidak tersedia kamar sesuai polis namun dapat memilih kamar lain dengan mengikuti limit dasar dan melaporkannya.

Berikut adalah manfaat dari Smartmed Premier:

  • Manfaat rawat inap yang terdiri atas kunjungan dokter, manfaat bedah, perawatan sebelum dan sesudah rawat inap, kamar ICU, ambulance, perawatan gigi dan rawat jalan karena kecelakaan, perawat pribadi di rumah.
  • Manfaat khusus untuk kemoterapi, hemodialisis, AIDS, biaya penguburan jika tertanggung meninggal karena penyakit maupun kecelakaan.

Klaim asuransi Allianz Life Indonesia dengan fasilitas cashless dengan melakukan pelayanan sesuai ketentuan pada rumah sakit jaringan dan membayar seluruh biaya yang ditanggung dalam polis. Fasilitas reimbursement dengan mengisi formulir klaim, mengirimkan formulir klaim selama 30 hari sejak penagihan atau meninggalkan rumah sakit. Persyaratan untuk dokumen reimbursement dengan mendapatkan laporan medis, rujukan praktisi medis dan copy dari bukti adanya diagnosa.