4 Masalah Kulit yang Sering Dialami Wanita Hamil

  • 2 min read
  • Jan 18, 2021
Wanita Hamil

Hamil merupakan anugerah paling indah dalam hidup seorang wanita, termasuk pasangan yang sudah menunggu kehadiran buah hati sejak lama. Namun, kehamilan bisa menyebabkan beberapa masalah yang sering melanda ibu hamil. Salah satu masalah yang membuat ibu hamil stress adalah kesehatan kulit yang terganggu. Sebelum memilih rekomendasi skincare yang aman untuk ibu hamil, maka ketahui masalah kulit yang Anda alami lebih dulu.

Masalah kulit akibat peningkatan hormon kehamilan

Peningkatan hormon selama kehamilan memang memicu masalah kesehatan kulit pada ibu hamil. Tidak semua wanita yang hamil memiliki permasalahan kulit yang sama sehingga Anda harus selektif memilih skincare yang aman untuk ibu hamil. Berikut 4 masalah kesehatan kulit yang sering dirasakan ibu hamil di dunia yaitu :

1.              Kemunculan jerawat

Perubahan hormon yang tidak stabil bisa membuat jerawat muncul di wajah atau bagian tubuh yang lain. Kelenjar minyak di wajah menjadi lebih aktif akibat perubahan hormon kehamilan yang tinggi. Ada baiknya Anda mengurangi intensitas tampil dengan make up sebab bisa menyumbat pori-pori kulit. Bagi orang yang memiliki tipe kulit sensitif, maka risiko iritasi dan kerusakan kulit akibat pemakaian make up berlebihan selama kehamilan bisa terjadi.

2.              Pigmentasi

Warna kulit wajah terasa tidak merata bisa mengakibatkan ibu hamil merasa kurang percaya diri. Pigmentasi kulit juga sering terjadi pada bagian tubuh yang lain seperti perut Anda yang mulai membuncit. Anda akan mendapati kondisi perut memiliki garis kecoklatan yang mengganggu. Tidak perlu khawatir berlebihan pada pigmentasi yang bisa menghilang setelah kelahiran secara berangsur nanti.

3.              Gatal dan eksim

Ternyata wanita hamil juga sering mengalami masalah gatal dan eksim di bagian perut bawah. Anda perlu menggunakan pelembab atau salep obat dari dokter untuk mengatasi masalah kulit satu ini.

4.              Stretch mark

Masalah kulit yang sering mengganggu ibu hamil dan menyusui adalah kemunculan stretch mark. Meski stretch mark merupakan hal normal, tetapi wanita acap tidak percaya diri dengan tampilan belang putih di kulit ini. Pastikan Anda melakukan upaya mencegah stretch mark yang parah dengan mengoleskan pelembab atau tonik agar kulit bisa lebih kenyal.

Selain masalah kesehatan kulit, wanita juga alami kerusakan rambut akibat perubahan hormon kehamilan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara tepat melakukan perawatan kulit dan rambut selama menjalani kehamilan. Pastikan perawatan yang Anda lakukan aman dan tidak mengganggu perkembangan buah hati dalam kandungan, ya!

Gunakan skincare yang aman untuk ibu hamil dan telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI, ya! Jangan lupa untuk menghindari stress agar tidak berdampak pada kesehatan kulit dua kali lipat. Selama Anda melakukan perawatan yang baik, maka masalah kulit bisa diminimalisir dengan baik. Anda bisa melakukan pembelian di toko online perlengkapan bayi lebih lega tanpa khawatir dengan perawatan kesehatan kulit selama kehamilan. Tampil cantik selama hamil si kecil, kenapa tidak?