Pentingnya Kredibilitas Lembaga Donasi Online

  • 2 min read
  • Jan 29, 2021
Donasi Online

Bagi siapa saja yang sudah mengeluarkan sebagian harta titipan dari Tuhan dalam bentuk donasi kepada orang lain yang lebih membutuhkan, tentunya memiliki keinginan bahwa sejumlah harta yang mereka donasikan tersebut harus tepat sasaran sehingga para pemberi donasi tersebut, dengan ijin Tuhan akan memperoleh pahala yang luar biasa yang sangat didambakan oleh para pemberi donasi tersebut.

Mengingat bahwa saat ini ada beberapa lembaga penyalur donasi yang menerapkan sistem donasi tersebut dengan menggunakan sistem donasi online melalui situs penggalangan dana online, maka untuk mengetahui bahwa harta yang kita donasikan tersebut tepat sasaran atau tidak, maka salah satu caranya adalah dengan mengetahui kredibilitas dan integritas dari lembaga yang kita jadikan sebagai fasilitator dalam rangka menyalurkan harta donasi kita kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan. Selektif lah memilih lembaga penyalur donasi secara online tersebut, agar donasi anda tersebut tidak sia-sia belaka dan agar anda tidak akan tertipu oleh lembaga tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan sebagai lembaga yang terbiasa menyalurkan donasi secara online.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan cara menilai apakah sebuah lembaga penyalur donasi online tersebut kredibel dan berintegritas? Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan terlebih dahulu legalitas dari lembaga penyalur donasi online tersebut dengan melakukan pengecekan situs ke instansi yang bisa membantu anda untuk melakukan pengecekan tersebut.
  2. Periksa kredibilitas dan integritas para pengelola lembaga penyalur donasi online yang hendak anda jadikan sebagai fasilitator penyaluran donasi anda mulai dari penanggung jawabnya, pendirinya, pimpinan lembaganya hingga para pegawainya
  3. Coba anda cek, apakah dari orang-orang yang berada dalam naungan manajemen lembaga tersebut ada yang anda ketahui atau anda kenal, jika anda kenal dan yakin akan kredibilitas dan integritasnya, maka silahkan anda pilih lembaga tersebut untuk menyalurkan donasi anda secara online.
  4. Minta profil lembaga penyalur donasi online tersebut agar anda bisa melakukan tindakan-tindakan berikutnya jika ternyata donasi anda tersebut tidak tepat sasaran.
  5. Sebelum anda memutuskan memilih sebuah lembaga penyalur donasi online, coba anda minta sejumlah data yang bisa anda jadikan referensi bahwa donasi online dari orang-orang selain anda tersebut memang sudah tersalurkan dengan baik dan benar, jika lembaga tersebut tidak memiliki data-data tersebut, dipastikan lembaga tersebut merupakan lembaga abal-abal yang ingin menipu kita dengan mengatasnamakan sebagai lembaga penyalur donasi online.