Fakta mengenai kematian sebagian besar disebabkan oleh penyakit hipertensi bukanlah isu belaka. Karena kondisi tersebut memang perlu untuk diwaspadai, karena jika tidak pasti akan menimbulkan banyak sekali gangguan seperti gagal ginjal, stroke, sampai dengan gagal jantung. Jika sudah seperti itu kematian menjadi salah satu kekhawatiran, meskipun tidak terlepas dari semua sudah kehendak pemilik hidup setiap manusia. Tekanan darah yang dikategorikan tinggi itu berada pada angka 130/80 mmHg atau lebih dari itu. Jika Anda sudah mengalami hal itu tentu perlu lebih waspada dan segera melakukan penurunan.

Dalam dunia kedokteran hipertensi dibagi menjadi dua yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Untuk penyebab jenis primer sendiri belum diketahui secara pasti, tetapi untuk sekunder seperti yang diketahui banyak penyebabnya. Seperti penyakit gagal ginjal, kehamilan, penyakit tumor, penyakit kelenjar tiroid ataupun yang lainnya. Sebagian besar orang lebih dominan pada jenis primer yang tidak diketahui pasti penyebabnya. Selain itu, Anda harus kenali pula beberapa faktor yang menyebabkan hipertensi seperti:

  • Usia.

Ini merupakan salah satu penyebab utama, dimana usia yang terus berjalan pasti akan semakin besar mempunyai resiko hipertensi. Umumnya mulai muncul pada usia 45 tahun keatas untuk pria dan 65 tahun bagi wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan usia kurang dari itu.

  • Keturunan.

Faktor kedua menjadi penyebab adalah adanya keturunan, ini cukup rentan sekali apalagi history keluarga yang sebagian besar mempunyai riwayat darah tinggi. Jika sudah seperti ini tentu saja harus menghindari sejak awal.

  • Obesitas.

Berat badan yang terlalu besar termasuk dalam golongan penyebab hipertensi, karena hal itu dapat membuat nutrisi serta oksigen dalam sel melalui pembuluh darah meningkat. Ini menjadi salah satu akibat tekanan dalam pembuluh dan jantung.

  • Kekurangan atau kelebihan kalium.

Terlalu banyak mengkonsumsi garam menjadi faktor pemicu darah meningkat tajam. Tetapi kalium yang kurang dalam tubuh juga menjadi penyebab, jadi tetap harus seimbang. Lebih selektif dalam mengolah makanan dan lebih pemilih.

  • Kurang olahraga.

Aktivitas tubuh yang kurang juga termasuk didalamnya, hal itu akan berakibat pada denyut jantung yang lebih keras ketika memompa darah. Selain itu juga dapat meningkatkan berat badan sehingga termasuk dalam faktor hipertensi pula.

Secara umum memang ada banyak sekali faktor pemicu darah tinggi selain dari pola hidup yang kurang sehat. Sering sekali orang tua mengalami hal tersebut tetapi tidak sadar, padahal gejala atau tanda awal sudah ada. Supaya Anda terhindar dari masalah kesehatan tersebut, perlu melakukan pencegahan sejak dini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan seperti menjaga berat badan tubuh tetap ideal, terus melakukan olahraga secara rutin, konsumsi makan makanan yang lebih baik rendah lemak dan kaya akan serat, kurangi garam makan sampai dengan hindari konsumsi alkohol dan beberapa hal lain. Masak sendiri dirumah bisa menjadi usaha sebagai pengontrol kondisi tubuh, sekarang sampai dengan tua.

Pada dasarnya 5 dari 10 orang mempunyai resiko mengalami hipertensi, jadi perlu untuk melakukan pengecekan sedari dini agar bisa terhindar. Apalagi jika Anda menjadi salah satu anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit tersebut. Supaya terhindar bisa melakukan kebiasaan dan pola hidup yang sehat mulai dari sekarang. Jangan tunggu nanti-nanti untuk memulai semuanya, apalagi jika Anda sudah terserang. Karena lebih baik mencegah dari pada harus mengobati, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.