Inilah Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Harganya

  • 2 min read
  • Aug 16, 2021
Samsung Galaxy Z Fold 3

Tidak hanya seri Flip-nya saja, Samsung juga turut memboyong seri fold dengan nama Samsung Fold 3 5G. Sebagai penerus generasi Fold sebelumnya yang juga cukup sukses, tentunya Samsung sudah melakukan perubahan pada salah satu smartphone flagship satu ini.

Sebagai pengguna Samsung galaxy Note sejati, sekiranya ada beberapa alasan yang membuat Anda perlu meminang smartphone satu ini.

Perlindungan terhadap air

Pada generasi Galaxy Z Fold 2, cukup banyak kritikan yang dilontarkan karena dengan harga yang sangat tinggi namun tidak tahan air. Nah, Samsung menjawab kritikan itu pada seri Fold 3 ini yang bisa tahan air baik itu diguyur maupun direndam karena sudah mengantongi sertifikat IPX8.

Dengan dibuat tahan air, Anda tidak perlu khawatir membawa smartphone Galaxy Z Fold 3 saat beraktivitas di kolam renang, atau bahkan streaming video sambil berendam.

Bobot yang lebih ringan

Keunggulan berikutnya adalah Galaxy Z Fold 3 lebih ringan dibandingkan generasi sebelumnya. Perlu Anda ketahui bahwa bobot Fold 2 ada angka 282 gram, sedangkan Fold 3 ada di angka 271 gram.

Meskipun selisihnya tidak jauh berbeda, namun Galaxy Fold 3 memiliki body yang lebih ramping dan enak digenggam. Selain itu, Galaxy Z Fold 3 juga terasa lebih kokoh sehingga buka-tutup layar utama semakin enak dan tidak khawatir dengan layar lipat.

Terdapat S Pen

Dengan layar yang lebih luas, tentunya terasa kurang jika membuka menu atau aplikasi dengan jari tangan saja. Untunglah pada Galaxy Z Fold 3, Samsung memberikan alat tambahan berupa S Pen pada pengguna.

Dengan memakai S Pen, maka pengguna bisa menulis di layar layaknya ada di atas kertas sungguhan yang tentunya sangat membantu dalam penulisan maupun membuat sketsa. Uniknya lagi, di dalam Galaxy Fold 3 terdapat fitur Flex Mode yang memungkinkan pengguna dapat video call sambil menulis catatan di smartphone.

Teknologi Kamera di Bawah Layar

Galaxy Z Fold 3 menggunakan sistem kamera selfie yang letaknya di bawah layar sehingga menjadikannya smartphone Samsung pertama yang mengadopsinya. Dengan adanya sistem kamera tersebut, pengguna merasa lebih “bersih” karena tidak terlihat adanya “tompel” pada layar.

Meskipun ada di bawah layar, kamera yang ukurannya 4 MP ini tetap memberikan gambar yang jelas dan tanpa kabut. Hal itu tentunya menjadi suatu kelebihan tersendiri dibandingkan smartphone flagship lainnya.

Memakai Dua layar

Tidak jauh berbeda dengan versi Flip, pada Galaxy Z Fold 3 ini juga disematkan dua layar berbeda untuk bagian cover dan juga bagian layar utama. Untuk bagian cover, layarnya sebesar 6,2 inci, memakai panel Dynamic AMOLED 2x beresolusi HD+ ( sekitar 2268 x 832 piksel), dan Aspect Ratio 24, 5:9 kerapatan piksel mencapai 387 ppi.

Untuk Layar utama menggunakan Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci. Layarnya sudah memakai panel Dynamic AMOLED 2x, resolusi QXVGA+ (sekitar 2208 x 1768 piksel), Aspect Ratio sebesar 22,5:18, kerapatan piksel sebesar 274ppi dan menggunakan Adaptive Refresh Rate sebesar 120Hz.

Chipset Terbaru dan Memori Besar

Chipset yang dipakai adalah Snapdragon 888 yang digabung dengan RAM jenis LPDDR5 serta Storage UFS 3.1. Opsi yang diberikan antara lain 12GB + 256GB dan 12GB + 512GB sehingga memori tersebut sangat besar untuk ukuran smartphone flagship.

Konektivitas lengkap

Tentunya seri baru ini membawa konektivitas yang cukup lengkap seperti mendukung jaringan 5G, Wifi 6, Bluetooth 5 dan juga NFC. Pada sisi dayanya baterai Galaxy Z Fold 3 mempunyai kapasitas baterai sebesar 4400 mAh dengan daya kabel 25W dan wireless 15W.

Harga dan Variannya

Untuk pasar Indonesia harga Samsung Galaxy Z Fold 3 ada dua varian sebesar:

Galaxy Z Fold 3 12/256GB = Rp 24.999.000

Galaxy Z Fold 3 12/512GB= Rp 26.999.000

Ditambah lagi, ada Galaxy Z Fold 3 Thom Browne Edition dengan harga RP 51.999.000. Anda bisa memesan Pre Order yang dibuka tanggal 11 Agustus 2021 pukul 22.00 WIB hingga 29 Agustus 2021 melalui Galeri Resmi Samsung di E-commerce.

Kesimpulan

Galaxy Z Fold 3 berhasil membawa perubahan signifikan dibandingkan seri sebelumnya. Dengan perubahan tersebut, tentunya Smartphone flagship satu ini layak menggantikan seri sebelumnya atau mencoba seri flagship dengan teknologi 5G dan berbagai fitur menarik di dalamnya.