Tentang Teknik Dasar Permainan Bola Basket

  • 2 min read
  • Aug 28, 2021
Bola Basket

Basket adalah salah satu aktivitas olahraga yang cukup menyenangkan bahkan sering dilakukan oleh berbagai masyarakat. Tujuan permainan bola basket adalah dipercaya dipercaya sebagai cara untuk membantu menambah tinggi badan. Agar permainan ini semakin menyenangkan maka tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa teknik dasar dari permainan bola basket serta bagaimana cara melakukannya. Nah, di artikel ini akan dibahas penjelasannya secara detail.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Permainan bola basket adalah salah satu olahraga beregu yang mempertandingkan antara dua tim di mana masing-masing tim terdiri dari 5 pemain. Tujuannya adalah agar poin yang dicetak sebanyak-banyaknya bisa memberikan kemenangan kepada tim. Namun agar bisa memenangkan pertandingan maka pemain bola basket harus mengetahui teknik dasar agar pertandingan bisa berjalan sesuai dengan aturan

Ada lima teknik dasar yang bisa Anda pelajari yang pertama adalah dribbling, shooting, passing defense dan rebuonding. Selain itu ada juga teknik pivot yang penting untuk dikuasai oleh pemain basket. Berikut ini penjelasan dari masing-masing teknik tersebut.

Dribbling atau Menggiring Bola

Untuk pemain basket pemula sangatlah penting menguasai teknik menggiring bola terlebih dahulu. Teknik memang harus dipelajari pertama kali karena paling banyak digunakan dalam permainan bola basket itu sendiri. Selain itu teknik ini juga dipercaya bisa membantu Anda berpindah-pindah posisi sambil menguasai bola. Untuk mempelajari atau melakukan dribbling ini tak perlu membutuhkan teman namun hanya bola basket saja. Adapun langkahnya adalah tidak melakukan dribbling dengan telapak tangan tapi menggunakan ujung jari. Bukalah selebar-lebarnya jari tangan untuk memberikan dukungan pada bola.

Jangan lupa juga posisi tubuh harus tetap rendah dan punggung harus lurus dengan pandangan ke depan. Agar pergerakan bisa dipercepat maka lakukanlah dribble di bawah pinggang atau lutut. Sangatlah disarankan untuk berlatih dribble dengan menggunakan tangan kiri

Shooting atau Menembak Bola

Menembak adalah teknik dasar dalam bermain bola basket yang harus dikuasai oleh semua pemain basket apapun itu posisinya. Kemampuan pemain dalam memasukkan atau menembak bola ke dalam ring pastinya akan memberikan poin baik itu tembakan dua angka, tiga angka atau free throw yang menjadi tujuan dalam melakukan olahraga ini. Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan yang pertama balance yaitu keseimbangan tubuh saat melakukan shooting. Kemudian pandangan harus fokus kepada sasaran yaitu ring basket. Dan yang terakhir adalah elbow yaitu melepaskan bola di mana posisikanlah siku Anda untuk membentuk sudut sekitar 90 derajat.  Semakin lancip sudut yang Anda bentuk pastinya akan mempengaruhi kekuatan dari tembakan bola.

Passing atau Mengoper Bola

Latihan mengoper bola ini memang sebaiknya dilakukan bersama rekan tim atau instruktur karena memang cukup sulit serta dibutuhkan latihan secara terus-menerus. Karena teknik ini memang menggunakan jarak kemudian pola gerakan dari rekan tim hingga jumlah tenaga yang dikeluarkan.

Defence atau Bertahan

Selain kemampuan dari ofensif untuk mencetak poin maka Anda harus juga memahami tentang teknik defense atau bertahan dalam permainan bola basket. Tujuannya adalah agar Anda bisa mencegah lawan untuk mencetak poin di arena sendiri. Banyak sekali teknik yang bisa dipelajari mulai penguasaan bola kemudian blocking yaitu menepis tembakan dari pemain menyerang.

Rebounding

Bola yang ditembakkan ke ring tidak selamanya masuk dan memantul pada papan. Nah disinilah peran dari teknik rebounding dimana seorang pemain berhasil menangkap bola dari hasil pantulan yang gagal ditembakkan.