Belajar Geografi Anti Sulit dan Menyenangkan

  • 2 min read
  • Jun 26, 2019
Geografi

Mata pelajaran geografi terkadang jadi salah satu momok bagi beberapa siswa. Terlebih untuk persiapan SBMPTN, bagi anak IPA yang baru mengenal geografi, tentu perlu usaha ekstra untuk bisa mendalami ilmunya agar nanti ketika ujian bisa mengerjakan dengan benar.

Ketika itu, aku berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu teman yang pernah menjuarai OSN Geografi di tingkat nasional. Ternyata, aku mendapatkan ilmu tentang bagaimana belajar geografi dengan mudah. Aku akan tulis beberapa poin yang sudah aku dapatkan odarinya, semoga bisa membuat teman-teman yang sedang mengalami kesulitan dalam belajar geografi bisa segera teratasi.

  1. Geografi dekat dengan kita

Namanya saja geografi, artinya banyak mempelajari tentang komponen-komponen di dalam bumi. Mulai dari udara, iklim, cuaca, angin, sampai manusia juga dipelajari. Untuk kamu yang masih duduk di bangku SMP atau awal kelas SMA, tidak ada salahnya jika kamu sering-sering bereksperimen sederhana. Misal, ketika kamu dapat materi angin, cari tahu secara langsung bagaimana jenis angin di rumah kamu, atau bagaimana perbedaan angin pada musim kemarau dan musim hujan. Dengan begitu, kita jadi bisa lebih mendapatkan manfaat dari ilmu kita.

  1. Selalu jadi topik berita

Apa yang kita pelajari di geografi, ternyata selalu ada di televisi. Buktinya, setiap kali tayangan berita, akan selalu membahas tentang prakiraan cuaca, peristiwa seperti bencana alam, perpindahan penduduk, pemanasan global dan lain sebagainya. Belajar geografi juga tidak hanya dari buku, melainkan juga bisa dari berita-berita yang ada di televisi. Dari situ terkadang kamu akan menemukan beberapa istilah baru, kemudian kamu cari tahu lebih dalam tentang konsep tersebut. Dengan begitu, belajar tidak akan membosankan.

  1. Geografi dibutuhkan dalam traveling

Kamu suka traveling? Sayang sekali jika kamu tidak banyak paham tentang geografi dan kurang minat untuk mempelajari ilmunya. Padahal, seorang traveler sejati sudah barang tentu paham sedikit banyak tentang geografi seperti peta, cuaca, jenis flora dan fauna, arah mata angin, sampai kemampuan untuk membaca rasi bintang. Nah, tidak ada salahnya bukan jika kamu traveling sambil juga belajar tentang konsep-konsep geografi? Pasti travelingmu makin berfaedah.

  1. Belajar melalui ilustrasi

Belajar geografi membutuhkan sebuah ilustrasi untuk membantu kita agar bisa memahami tentang kondisi di lapangan yang asli seperti apa. Terkadang, buku sangat terbatas untuk memberikan ilustrasi yang mudah untuk dipahami. Temanku menyarankan untuk memilih ruang guru sebagai platform belajar yang banyak memberikan materi dalam bentuk video. Ruang guru menyediakan produk berlangganan berupa ruang belajar agar siswa dapat paham konsep dengan mudah, melalui gambar, video, dan sebagainya.

Itu dia beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk lebih mudah dan seru untuk belajar geografi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!