Memasang gadget listrik adalah tradisi sepeda motor yang dihormati waktu. Perbedaan besar antara, maafkan permainan kata-kata, model saat ini dan sepeda di sekitar ketika mulai menjahit memanfaatkan kabel bersama-sama.

Dalam accessories motor Ada tiga skenario pengkabelan dasar. Pertama, situasi plug and play penggantian langsung, di mana komponen stok diganti dengan yang baru, misalnya menginstal FI baru atau modul pengapian . Contoh kedua adalah di mana sesuatu seperti modulator lampu belakang atau lampu tambahan dicolokkan atau disambungkan ke sirkuit yang ada.

Peluangnya adalah beberapa keterampilan crimping atau menyolder akan diperlukan di sini. Alternatif ketiga mungkin menambahkan rangkaian terpisah sama sekali, misalnya titik lepas landas daya atau steker aksesori, tetapi karena ini biasanya diselipkan langsung ke baterai, dan banyak sepeda baru datang dengan stopkontak listrik yang sudah dipersiapkan, akan pergi untuk mengelompokkannya ke dalam kategori add-on.

Sebelum kita mulai menyolder, mengeriting dan memasang, mari kita bahas beberapa persiapan sehingga kita tidak akan mengumpat, berkeringat, dan merusak. Pertama, luangkan waktu untuk membaca dan memahami instruksi pabrik secara menyeluruh. Ini khususnya benar jika Anda berencana memasang dua aksesori sekaligus.

Ilustrasi yang sempurna adalah lampu belakang dan modul lampu rem yang dipasang di foto yang menyertainya. Ketika lampu dipasang secara terpisah mereka disambungkan kabel satu arah. Namun, ketika modul lampu rem opsional berkedip ditambahkan ke sirkuit, kabel harus sedikit dimodifikasi.

Seperti pengintai yang baik, bersiaplah. Paling tidak Anda akan memerlukan beberapa perkakas tangan dasar, termasuk tang crimping, beberapa pita listrik berkualitas tinggi dan beberapa ikat tambahan. Tentu saja, beberapa minyak silikon dielektrik tidak akan sakit, dan lampu tes juga bisa membantu.

Biasanya, berharap menemukan semua konektor yang diperlukan termasuk dengan gadget baru, tetapi hal-hal terjadi, jadi mungkin lebih bijaksana untuk memiliki beberapa konektor listrik di tangan kalau-kalau anjing makan satu atau sesuatu. Jika tabung panas menyusut mengisolasi koneksi atau melindungi kabel, Anda akan memerlukan senapan panas atau pengering rambut udara panas.

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Memasang Aksesori Listrik Sepeda Motor?

Meskipun ini bukan keharusan yang ketat, selalu ada gunanya memiliki toko atau manual pemilik, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan langkah-langkah awal yang mungkin diperlukan,

Menyambungkan aksesori adalah pekerjaan yang mudah, asalkan Anda mengikuti instruksi dari pabriknya. Tanpa mengulangi intinya, memperhatikan arah biasanya menghilangkan masalah 99 dan 910 dari masalah yang terkait dengan instalasi listrik.

Tetapi pabrikan mungkin berasumsi Anda pernah melakukan ini sebelumnya, yang tidak pernah merupakan asumsi yang aman, dan selalu ada beberapa situasi yang muncul karena keadaan khusus. Karena cukup terbiasa dengan keanehan dan run-of-the-mill, berikut adalah beberapa tips untuk mempermudah.

Rencanakan Sebelum Anda Bertempat

Pemasangan aksesori perlu beberapa pertimbangan, terutama jika alat baru tidak suka hujan, panas atau getaran. Pabrikan biasanya akan menyarankan titik pemasangan yang sesuai. Jika memungkinkan, ikuti saran ini.

Demikian juga, jika perangkat perlu diisolasi dari getaran, percayalah, tahan godaan untuk mengaitkannya dengan kokoh ke bingkai hanya karena Anda pikir itu akan bekerja lebih baik. Banyak asesoris terkini membutuhkan relay. Relai cenderung sensitif terhadap cuaca, jadi pasang di tempat yang jauh, kering, dan aman, seperti di kulit lampu, di bawah tangki atau kursi atau di fairing, jika memungkinkan.

Tentu saja, semua koneksi terminal harus dilindungi dengan minyak silikon dielektrik, terutama jika Anda seorang pengendara segala cuaca. Hal yang sama berlaku untuk semua switch tambahan. Pasang mereka terpasang dengan aman dan melindunginya dari elemen.