Sebelum Melakukan Perpanjangan, Perhatikan Dulu Syarat Perpanjang SIM Online Disini

Sebelum Melakukan Perpanjangan, Perhatikan Dulu Syarat Perpanjang SIM Online Disini

Teknologi telah memberikan dampak yang sangat berarti dalam kehidupan semua orang sehingga memungkinkan banyak aktivitas dilakukan secara online. Mulai dari belanja online di berbagai situs jual beli terpercaya tanpa perlu datang ke toko langsung sampai memperpanjang SIM yang masa berlakunya 5 tahun secara online. Ini semua dimaksudkan agar setiap orang yang tidak punya banyak waktu untuk datang ke Satpas tetap bisa memenuhi kebutuhannya dengan cara yang efektif dan juga efisien.

Perpanjangan SIM baik offline ataupun online memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Apabila tidak ada yang salah dari persyaratan tersebut, maka permohonan perpanjangan akan jalan lancar. Akan tetapi, apabila ada satu saja ketentuan yang tidak terpenuhi, permohonan anda akan ditolak oleh petugas. Untuk menghindari hal ini, anda harus mengetahui seluruh syarat perpanjang SIM sehingga semua berjalan dengan lancar, apa saja?

1. Untuk mengajukan permohonan, pemohon harus mengisi formulir yang tersedia di website Korlantas Polri secara lengkap mulai dari nama lengkap yang harus sama dengan KTP hingga data lainnya yang juga harus diisi dengan benar dan tidak boleh salah.

2. Gunakan data yang tersedia di Kartu Tanda Penduduk sebagai bukti bahwa pemohon adalah Warga Negara Indonesia. Jika orang asing ingin memperpanjang SIM, maka datanya akan tersedia di bagian keimigrasian. Hal ini tentu ada perbedaan cara mengurus perpanjangan SIM untuk WNI dan juga WNA.

3. Bawa SIM lama yang masih sah untuk di ambil oleh petugas dan petugas akan menyerahkan SIM baru yang telah disiapkan jika memang sudah memenuhi syarat.

4. Surat keterangan yang menyatakan bahwa telah lulus uji simulator.

See also  Spesifikasi dan Harga Honda CRV Turbo Pada Tahun 2019

5. Selanjutnya, pemohon harus mengikuti tes psikologi yang disediakan oleh aplikasi digital milik Korlantas Polri. Aplikasi ini disebut epPSI dan biaya untuk mengikuti tes ini yaitu Rp. 37.000,- yang bisa dibayarkan dengan mudah melalui e-wallet atau bisa juga dengan cara transfer antar bank.

6. Setelah tes psikologi selesai, langkah berikutnya adalah mengikuti tes kesehatan. Ada dua cara untuk melakukannya bisa online di situs erikkes.id atau dengan datang ke fasilitas kesehatan yang tersedia secara offline.

Jika ingin memperpanjang SIM melalui cara online, pastikan memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan. Jika tidak, permohonan untuk perpanjangan SIM kemunginan besar akan ditolak. Setelah mengikuti semua persyaratan tersebut, proses perpanjangan SIM akan segera selesai dan SIM baru akan ada di tangan. Banyak orang yang sudah mendapatkan SIM baru dan membawanya ketika mengendarai mobil bekas yang baru saja dibeli dari aplikasi mobbi. Aplikasi ini sudah populer karena banyak pilihan mobil bekas dengan harga terbaik dan juga terjangkau. Kemudian juga tersedia layanan kredit yang mudah diakses oleh siapa saja. Jadi mulailah manfaatkan beragam keuntungan yang ditawarkan aplikasi yang pernah dikenal dengan sebutan mo88i ini.