Makna Lagu dari Chord Waktu yang Salah Fiersa Besari

  • 2 min read
  • Nov 02, 2020
Chord Waktu yang Salah

Makna Lagu dari Chord Waktu yang Salah Fiersa Besari – Lagu viral yang sedang digandrungi kaum milenial saat ini salah satunya ialah lagu yang dinyanyikan oleh Fiersa Besari. Pria asal Bandung yang lahir pada 3 Maret 1984 ini sebenarnya seorang penulis, dan dia mulai melebarkan sayapnya dengan menjadi penulis lagu sekaligus penyanyi. Salah satu lagu yang berada di album Tempat Aku Pulang ini berhasil menyentuh hati kaum milenial.

Lagu yang dinyanyikannya bersama Tantri ini berhasil membawa Fiersa Besari menjadi Top Male Singer of The Year pada ajang Music Award 2020. Ini membuktikan bahwa Fiersa tengah menjadi idola para kaum milenial dengan mengalahkan nominator penyanyi pria lainnya. Kaum milenial memang selalu menyukai sesuatu yang bersifa baru, termasuk untuk urusan lagu yang tentnunya selalu menyangkut tentang perasaan hingga berujung pada baper.

Karir Fieras Besari memang tidak perlu diragukan lagi sebagai penulis dengan keahliannya merangkaikan kata-kata, begitupula karirnya sebagai seorang musisi dengan petikan gitarnya yang mendukung lirik lagu yang siap membuat pendengarnya terbawa suasana. Chord Waktu yang Salah  ini berada pada nada minor yang siap membawa Anda masuk ke dalam nuansa kegalauan sepasang kekasih yang salah satunya terlibat dalam kisah masa lalu.

Masa lalu yang seolah masih belum bisa diikhlaskan oleh seorang dari sepasang kekasih yang sebenarnya salng cinta. Waktu yang Salah menyajikan kisah cinta yang rumit dengan perasaan yang masih saja dibayangi oleh kisah masa lalu. Dibuka dengan intro G, A minor, dan B minor menjadikan petikan gitar terasa kepiluannya.

Ditambah lagi dengan pembukaan lirik lagu yang dinyanyikan oleh Fiersa Besari dengan sudut pandang pria yang mendapati wanitanya masih terjerat cerita cinta masa lalu. Dia mengungkapkan perasaannya akan ketidak adilan atas sikap wanitanya yang masih larut dalam kenangan masa lalu. Satu bait pertama lagu Waktu yang Salah ini diiringi dengan chord G, Am, Bm – C, Cm, Bm – E, Am, Bm – C, Am, D.

Pada bait berikutnya, Tantri menjadi sosok wanita yang dirundung masa lalu, tapi berusaha untuk menghapus keraguan akan pasangannya di masa kini. Sang wanita di dalam lagu Waktu yang Salah berharap pasangannya memberikan kesempatan, mengerti akan kondisinya yang pernah memiliki untaian kisah bersama mantan. Chord untuk mengiringi bait yang dinyanyikan Tantri ini ialah G, Am, Bm – C, Cm, Bm – E, Am, Bm – C, Am, D, dan G.

Di bagian chorus sang pria ingin mengakhiri kisah cinta yang menurutnya hanya dapat menimbulkan luka sepihak, sekalipun dia tidak siap untuk mengakhirinya. Sebaliknya dengan sang wanita yang justru ingin mempertahankan cinta dan waktulah yang salah dalam mempertemukan cinta mereka yang justru dirasa tepat. Chord Waktu yang Salah di bagian chorus ialah C, C/D – Bm, Em – Am – D, G, Dm – C, C/D – Bm, Em – Am – D.

Kisah cinta sepasang kekasih yang dilukiskan dalam sebuah lagu Waktu yang Salah sangat mewakilkan perasaan pendengarnya yang masih saja dibayang-bayangi masa lalu, meski sudah hadir sosok baru. Jelas saja akan terasa menyakitkan jika seseorang yang dicintai justru masih memiliki rasa dan bahkan masih sering mengingat masa lalu, apa pun itu alasannya. Lagu ini mengungkapkan masalah hati dan rindu menjadi suatu hal yang tidak bisa diatur.

Chord Waktu yang Salah tidak hanya dapat digunakan pada gitar, melainkan juga dapat dimainkan pada piano, pianika, dan ukulele. Perdebatan sepasang kekasih yang dibumbui kisah masa lalu memang akan sulit untuk diteruskan dan terlalu sakit untuk dilepaskan, karena rasa cinta. Chord yang Terdalam Peterpan pun mengisahkan betapa beratnya jika melepas seorang yang sangat dicintai.