Ini Dia Fungsi Alat Penghemat Listrik bagi Rumahmu

  • 2 min read
  • Nov 08, 2020
Alat Penghemat Listrik

Tidak bisa dimungkiri, di era sekarang listrik menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh orang-orang, baik itu perusahaan maupun perumahan. Pasalnya, hampir semua kebutuhan dan aktivitas kita saat ini berhubungan dengan listrik. Contoh saja, bagi perusahaan, operasional industri mereka kebanyakan menggunakan alat teknologi yang harus tersambung dengan listrik, seperti komputer, AC, dan lain-lain.

Akan tetapi, terkadang kita merasa sangat boros dalam pemakaian listrik. Terlebih, bagi kamu yang kebutuhan listriknya sangat banyak, mulai dari kulkas, TV, mesin cuci, dan lain-lain. Masalah ini tentu sangat merepotkan bagi para pengguna listrik, mengingat mereka harus membayar tagihan yang cukup besar jika harus menggunakan daya listrik yang besar.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan alat listrik hemat energi. Kira-kira apa saja fungsi yang didapatkan dari menggunakan alat penghemat listrik?

  1. Menstabilkan arus perangkat elektronik

Fungsi utama dari alat penghemat listrik adalah menyimpan listrik sehingga alat ini bisa melepas energi listrik simpanannya untuk membantu tarikan awal saat penggunaan listrik.

Selain itu, alat ini juga bisa menghemat biaya pemakaian listrik saat tarikan awalnya berkurang. Dengan demikian, alat penghemat listrik ini juga mampu memperpanjang usia peralatan listrik.

  1. Meningkatkan efisiensi jaringan listrik

Selain di atas, fungsi dari alat penghemat listrik juga bisa meningkatkan efisiensi jaringan listrik. Penghemat ini akan memperbaiki factor daya sehingga dapat menurunkan daya semu yang dihasilkan oleh peralatan listrik. Jika sudah begini, kapasitas jaringan listrik bisa lebih maksimal dan akhirnya penggunaan daya listrik pun juga optimal.

  1. Mencegah korsleting

Fungsi lainnya dari penghemat listrik adalah menghindari terjadinya korsleting di rumah. Sebab, alat ini akan mengurangi panas pada jaringan kabel listrik. Saat pemakaian peralatan listrik tidak sesuai dengan ukuran jaringan, maka ada potensi untuk terjadi korsleting.

Nah, untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai masalah listrik, kamu bisa langsung menghubungi konsultan berkualitas dari Sewatama. Tidak hanya itu, apabila kamu butuh alat penghemat listrik untuk gedung, Sewatama juga akan siap membantumu.