Catat! 4 Ide Makanan Berbuka Puasa yang Tetap Nikmat dan Bergizi

Catat! 4 Ide Makanan Berbuka Puasa yang Tetap Nikmat dan Bergizi

Sebentar lagi Ramdahan dan pada bulan tersebut tubuh memerlukan nutrisi supaya dapat berpuasa serta menjalankan ibadah lainnya dengan lancar. Mengonsumsi makanan berbuka puasa yang bergizi tidak harus mahal dan ribet, Anda dapat memasaknya sendiri di rumah. Berikut adalah 4 ide makanan yang dapat Anda kreasikan sebagai menu buka bergizi:

  • Olahan Ikan Tuna

Ikan tuna bisa menjadi makanan berbuka puasa yang menyehatkan karena tinggi akan protein serta mengandung lemak baik seperti omega 3. Kandungan gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Untuk pengolahannya, Anda dapat memasaknya dengan bumbu kuning ataupun dicampur pepes kemangi. Ikan tuna dapat diolah menjadi nugget maupun campuran sushi yang kini populer di kalangan anak-anak.

  • Sayur Lodeh

Rekomendasi ide makanan berbuka yang dapat Anda kreasikan selanjutnya adalah sayur lodeh. Siapa sangka sayur lodeh yang bersantan ini dapat menjadi makanan menyehatkan untuk dikonsumsi ketika berpuasa.

Lodeh terdiri dari beragam jenis sayuran seperti kacang panjang, terong hingga labu yang kaya akan kandungan asam folat dan serta karbohidrat kompleks. Bagaimana? Mudah dan murah sekali bukan?

Anda dapat mencukupi gizi seimbang dengan lauk sayur lodeh yang mudah dimasak. Meski begitu, hindari untuk memasak terlalu lama karena dapat membuat santan menjadi lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

  • Gado-Gado

Ide makanan sehat dan lezat yang cocok untuk menemani ibadah puasa Ramadhan Anda adalah Gado-gado. Kuliner khas betawi ini terdiri dari beragam isian sayur dan telur dengan kadarĀ  protein, karbohidrat, serta serat yang tinggi.

Gado-gado juga selalu disajikan lengkap dengan saus kacang yang lezat dan kaya akan protein nabati. Anda juga mendapatkan sumber lemak serta protein hewani dari telur ayam yang disajikan bersama gado-gado ini.

See also  Inilah 4 Alasan Apartemen Jakarta Barat Tipe Studio Laris
  • Olahan Pasta

Selain makanan lokal, Anda juga dapat menikmati western food seperti pasta yang kaya akan mineral dan vitamin B. Dengan mengkonsumsi pasta secara tepat, Anda akan mendapatkan sumber zat besi yang baik dikonsumsi saat puasa.

Makanan khas Italia ini juga digadang-gadang tinggi akan kandungan asam folat yang baik menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, saus pasta juga tinggi akan karbohidrat kompleks sehingga Anda tidak akan mudah lapar jika mengonsumsi ini. Namun jangan lupa untuk mengonsumsi makanan lezat ini dalam batas yang wajar, ya!

Di bulan suci Ramadhan, memilih makanan berbuka puasa yang sehat dan bergizisangat penting agar kebutuhan nutrisi dapat tercukupi. Selain tubuh, pikiran juga butuh untuk dinutrisi saat sedang puasa. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan agar tetap produktif di bulan Ramadhan yaitu mengikuti kursus bahasa Inggris di EF Adults. Ada banyak sekali pilihan paket belajar yang tentu bisa Anda sesuaikan sendiri.