Kantor adalah bagian penting dari kegiatan pekerjaan. Banyak perusahaan yang mengeluarkan biaya cukup besar agar dapat menciptakan suasana nyaman di kantor, dan meningkatkan semangat kerja karyawannya.

Saat ini, banyak pilihan yang bisa diambil oleh perusahaan untuk menyediakan tempat bekerja bagi pegawainya. Ada yang membeli gedung, menggunakan fasilitas coworking space, atau menyewa ruang kantor sesuai kebutuhan perusahaan.

Biasanya, bangunan sewaan sudah memiliki kondisi bawaan tertentu, misalnya jumlah ruangan, warna bangunan, dan fasilitas lainnya. Nah, lantas timbul pertanyaan. Jika perusahaan akhirnya memilih untuk sewa ruang kantor, adakah hal-hal tertentu yang bisa dilakukan untuk membuat kantor terasa lebih nyaman?

Jawabannya: Pasti ada.

Berikut ini, kita akan membahas 5 hal yang bisa dilakukan untuk membuat kantor sewaan terasa lebih nyaman. Mau tahu apa saja? Simak penjelasan berikut ini ya.

  1. Memberi sekat ruangan tambahan

Biasanya, bangunan asli yang disewa hanya memiliki beberapa ruangan saja. Tentu tidak cukup untuk menampung kebutuhan berbagai departemen yang ada. Itulah sebabnya, sangat disarankan untuk menyekat ruangan agar dapat “menciptakan” ruang tambahan.

Untuk menentukan berapa jumlah ruangan yang bisa disekat, hitung dulu ada berapa jumlah departemen dalam perusahaan, dan bagilah ruangan sesuai dengan fungsi departemen yang ada.

Walaupun perusahaan bisa saja menempatkan beberapa departemen di dalam satu ruangan, tetapi hal ini sangat tidak disarankan, karena dapat mengakibatkan suasana kerja tidak kondusif, sebab ada hal-hal yang hanya bisa dibahas secara internal di antara staf departemen yang bersangkutan.

  1. Mengubah warna cat

Warna memiliki peran penting dalam mempengaruhi suasana hati karyawan. Bila seluruh ruang kantor dicat putih, tentu akan menimbulkan kesan kaku seperti di rumah sakit. Tapi apabila seluruhnya dicat warna gelap, tentu akan menimbulkan kesan panas dan sempit.

Menurut para ahli, ada beberapa warna yang cocok untuk digunakan pada dinding kantor, di antaranya hijau, biru, merah, kuning, abu-abu, ungu, dan oranye.

Anda bisa memberikan warna berbeda pada setiap ruangan, sesuai dengan karakter pekerjaan di departemen masing-masing. Misalnya, divisi desain memiliki cat dinding berwarna kuning dan oranye, yang bisa merangsang sisi kreativitas stafnya, atau warna hijau muda untuk ruangan departemen keuangan, agar karyawannya yang sering berada lama di dalam kantor bisa merasa rileks dan matanya tak cepat lelah.

  1. Menyediakan ruang relaksasi

Tak semua kantor terpikir untuk menyediakan ruang bersantai bagi karyawannya. Padahal, fasilitas ini sangat penting untuk menjaga kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Ruang reaksasi tak perlu mewah dan mahal. Cukup tempatkan beberapa kursi santai dan karpet yang bisa dijadikan tempat singgah karyawan saat sudah penat bekerja.

Anda juga bisa menambahkan audio yang memutar lagu-lagu easy listening, majalah, serta dispenser air dan makanan ringan.

  1. Tidak seluruh ruangan menggunakan AC

Biasanya, karena ruang kantor memuat banyak peralatan elektronik seperti komputer, perusahaan memilih untuk menutup ruangan rapat-rapat dan menggunakan AC agar mengurangi debu yang masuk ke dalam kantor dan merusak perangkat komputer.

Meskipun begitu, alangkah baiknya bila ada satu atau dua ruangan yang bisa menerima udara segar dari luar tanpa menggunakan AC. Anda bisa memanfaatkan ruang relaksasi dari poin 3 di atas. Apalagi bila kebetulan, perusahaan memilih untuk sewa kantor di Jakarta Barat yang udaranya masih cukup segar untuk dinikmati.

Hal ini dimaksudkan agar karyawan tetap bisa menghirup udara segar dan tak gampang sakit. Karena seperti kita tahu, terlalu sering berada di ruangan ber-AC tak baik bagi kesehatan.

  1. Menempatkan tanaman hidup di dalam ruangan

Salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mempercantik ruang kantor tanpa biaya mahal adalah menempatkan tanaman hidup di dalam kantor. Ada banyak pilihan tanaman yang bisa digunakan sesuai dengan selera. Yang jelas, selain indah dipandang mata, tanaman juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Nah, bagaimana penjelasan di atas, cukup membantu bukan? Ikuti saja cara-cara di atas, agar kantor sewaan Anda dapat terasa lebih nyaman dan kondusif untuk bekerja. Selamat berbenah kantor!

Sumber Foto: https://pixabay.com/photos/office-office-desk-laptop-desk-1081807/