Korupsi yang Dikompromi Elit Kekuasaan?

175

Oleh: Suparman, Ketua Advokasi Rakyat Untuk Nusantara (ARUN) NTB

Korupsi sampai detik ini tidak menemukan titik tak terang siapa saja aktor-aktor yang terlibat dalam kasus ini, dari sejumlah nama kasus korupsi yang dipublikasikan tidak selesai secara tuntas dan diselesaikan oleh penegak hukum di Republik ini.

Korupsi di Indonesia merupakan korupsi yang dilakukan secara sistematik yang dimana sulit dibongkar, karena sudah dikompromikan oleh elit kekuasaan. Oleh karena itu, penegak hukum seharusnya berani membongkar sejumlah kasus korupsi yang diketahui secara luas masyarakat melalui media cetak dan media online, serta media elektronik. Sebab, media massa tidak bisa memuat sesuatu produk jurnalistik tanpa disertai bukti yang kuat dan objektif.

Disamping itu, masyarakat yang tetap mengawal setiap tindakan pidana korupsi, karena korupsi sebuah tindakan kejahatan kemanusiaan yang merusak negara ini dari dalam. Disisi lain, masyarakat yang peduli dan harapan akan sebuah pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih sebagai tonggak pemerintahan yang demokratis dan berkeadilan, maka masyarakat menciptakan kesadaran akan bahaya tindakan korupsi dari segala aspek kehidupan sehari-hari.

Jikalau ditelisik lebih mendalam penegakan hukum terkait korupsi yang terjadi di Indonesia masih jauh dari harapan kita semua, maka dari itu masyarakat harus tetap optimistis dalam melawan korupsi, karena korupsi merupakan arus utama musuh peradaban.