Penguatan Visi Diaspora KAMMI, Pengurus KAMMI Turki Dilantik

65

ANTALYA, TELEGRAM – Pelantikan Pengurus Daerah Istimewa KAMMI Turki telah resmi dilaksanakan di Teater Kuno Aspendos, Serik Antalya, Turki pada Minggu (27/01/2019). Pelantikan dengan tema “Diaspora KAMMI dan Visi Global Intelektual Muslim” ini dipimpin langsung oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI, Ibadurrahman, disaksikan oleh Ketua Umum KAMMI Turki, Amar Maruf, dan Ketua MPD KAMMI Turki, Adhe Nuansa Wibisono.

“Melalui surat keputusan Pengurus Pusat KAMMI menetapkan saudara Amar Maruf sebagai Ketua Umum KAMMI Turki periode 2019-2020. Dengan dilantiknya Pengurus KAMMI Turki semoga menjadi awal kebangkitan cabang luar negeri KAMMI lainnya dan penanda generasi baru intelektual muslim Nusantara di pentas dunia”, ungkap Ibadurrahman.

Ibadurrahman menambahkan, “Saat ini anggota dan alumni KAMMI di seluruh dunia jumlahnya mencapai 359.000 orang dan minat studi mereka sangat besar. Saya berharap diaspora KAMMI khususnya yang berada di Turki dapat menjadi fasilitator bagi anggota KAMMI yang ingin studi lanjut ke luar negeri.”

“Selain itu saya berharap Pengurus KAMMI Turki yang baru dapat secara aktif menjadi Duta Nusantara dalam mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia kepada masyarakat Turki dan mahasiswa diaspora berbagai negara yang sedang studi di Turki”, tukas pemuda yang juga aktif di ASEAN Young Leaders Forum tersebut.

Sementara itu Ketua Umum KAMMI Turki, Amar Maruf, menyatakan prioritas utamanya adalah menguatkan landasan organisasi KAMMI Turki.

“Dalam kepengurusan baru ini, pekerjaan pertama adalah menguatkan dasar keorganisasian KAMMI Turki. Selanjutnya bersama Diaspora KAMMI negara lainnya meningkatkan budaya literasi, prestasi akademik dan kontribusi aktif untuk kemajuan Indonesia.”

Amar menambahkan, “KAMMI Turki mengambil inspirasi dari kegemilangan peradaban Dinasti Seljuk dan Dinasti Ustmaniyah yang pernah menjadi mercusuar ilmu pengetahuan dan peradaban dunia. Harapannya diaspora KAMMI dapat secara aktif mewujudkan visi global KAMMI dalam menghasilkan intelektual muslim yang moderat dan prestatif.”

“Selain itu KAMMI Turki juga akan terus meningkatkan hubungan kerjasama antara KAMMI dengan UDEF (Uluslararasi Ogrenci Dernekleri Federasyonu) organisasi kepemudaan terbesar di Turki”, pungkas mahasiswa doktoral jurusan Pertanian Akdeniz University tersebut.[ham]