Wanita Cantik Dalam Pandangan Islam

81

Oleh: Nursyam
Anggota MT Kharunnisa Bal-Tim

Balikpapan baru-baru ini ramai dengan adanya berita yang beredar mengenai kosmetik Ilegal, Berita yang dimuat TRIBUNKALTIM.co Balikpapan 18:1:2019. membeberkan fakta tentang peredaran kosmetik ilegal dan berbahaya ini semakin meluas di Balikpapan karna cara memasarkan barang tersebut cukup mudah, yaitu dengan menawarkan produk- pruduk mereka melalui online dan melalui toko-toko kosmetik. Menurut kapolres( AKBP) Ada tiga merek kosmetik ilegal yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. 1( HS) Hani salon 2. (LS) beauty skin 3 (RR)racikan rania.

Upaya Pemerintah Badan Pengawas Obat dan Makanan( BPOM) pun dengan sigap mengadakan berbagai kegiatan edukasi seperti kegiatan komunikasi,informasi,dan edukasi.(KIE) yang bertajuk cerdas menggunakan kosmetik untuk generasi milenial atau dengan melakukan pameran talksou , agar para pengguna kosmetik cerdas dalam memilih dan mengetahui kosmetik yang aman bermanfaat, bermutu dengan cara( cek klik) cek klik ini meliputi cek kemasan, label, izin edar dan kadaluarsa. upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah sangat patut di apresiasi melihat kepedulianya kepada masyarakat.

Tetapi perlu di pahami bahwa peredaran kosmetik ilegal dan berbahaya ini adalah salah satu cara para kapitalis dalam mengembangkan usahanya untuk bisa meraih keuntunga yang besar. penerapan kebebasan ala demokrasi kapitalis menjadikan wanita-wanita barat bebas menentukan citra penampilan sesuai dengan keinginan mereka bahkan memiliki standar cantik adalah dengan memiliki tubuh yang ramping, putih mulus, berpirang dan lain-lain

standar kecantikan seperti inilah yang disajikan kepada masyarakat melalui model-model yang di manfaatkan oleh berbagai industri periklanan serta menjadi figur-figur yang di puja-puja dalam industri hiburan, penjajahan kapitalis yang mengalir begitu halus ini membuat masyarakat tidak merasa telah terbawa arus sehingga cara pandang merekapun menggagap bahwa kecantikan fisik bagi wanita wajib di penuhi. hal ini jugalah yang menjadikan masyarakat semakin jauh dari syariat Allah.

Dalam Islam kecantikan seorang .dapat dilihat dari penampilan fisik dan rupa semata tetapi lebih kepada memiliki akhlak yang baik, karna Islam memandang bahwa kecantikan wanita adalah apa yang muncul dalam hati itulah yang akan tercermin dalam prilaku atau akhlak yang baik akan menampakan prilaku yang baik serta mampu menjaga diri dan kehormatannya.

Allah SWT telah menciptakan hampir seluruh bagian tubuh wanita adalah keindahan baik dari suara, tingkah laku dan seluruh fisiknya. QS:An-nur:31 sangat jelas memeritahkan kepada para perempuan yang beriman agar menjaga dirinya dari perbuatan yang di larang oleh Alloh. Rasul SAW pernah bersabda bahwa Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik baik perhiasan adalah wanita sholehah wanita yang mampu menjaga perilaku dan memiliki akhlak yang baik wallahu aalam bishowab.