Kamus Milenia Era Now

273

Oleh : Nasrudin Joha

Marah adalah kondisi ketika lagi asyik dan lagi enjoy menonton bioskop, tiba-tiba muncul gambar bendungan dan jalan tol, kemudian diakhiri kelimat “salam dua periode”, disitu kadang saya merasa sedih. Bosan adalah engkau asyik makan rambutan atau durian, tiba-tiba dengar janji Palu sepekan normal, IMF bikin acara pake duit sendiri, atau curhatan ‘saya kalau denger yang namanya Import sedih banget’.

Membuat hoax maknanya adalah berjanji tidak akan ingkar janji lagi. Membuat hoax juga bisa ditafsirkan sebagai ikhtiar maksimal untuk dapat dipilih lagi, meskipun rakyat sudah merasa jengah dan bosan. Hoax adalah tanda ketika janji diunggah lagi, meskipun 66 janji telah terbukti dustanya.

Kerja kerja kerja didefinisikan sebagai ikhtiar mencari, mengumpulkan dan menumpuk utang, menambahnya dengan bilangan tak terkira dan kemudian ikhlas mewariskan kepada aman cucu dan generasi bangsa, seraya ridlo rakyat sebagai pihak yang menjadi jaminannya. Kerja kerja kerja adalah pilihan dari orang yang mencari dalih dianggap sibuk untuk rakyat, setelah berfikir sejenak barulah dirinya sadar bahwa selama ini telah menyusahkan rakyat.

Aku Pancasila maksudnya adalah Anda korupsi lalu segera menuduh pihak lain yang radikal. Anda ngemplang duit negara lantas buru-buru tuduh yang lain teroris ISIS. Aku Pancasila bisa juga dimaksudkan sebagai pilihan hidup menjadi pasien KPK sambil terus bernyanyi mencari teman untuk jadi tersangka. Boleh juga ditafsirkan Anda menyerang kantor media, mengancam meratakan dengan tanah lantas Anda berteriak ‘aku Pancasila’.

NKRI harga mati maksudnya adalah anda membubarkan pengajian dan menghalangi dakwah Islam, lantas mengunci diri dikamar saat saudara sebangsa terkena musibah gempa. Harga mati maksudnya takut mati dikirim ke Papua untuk berhadapan dengan OPM. Atau, Anda terusir dari negeri Melayu, lantas Melayu Melayu gak karuan.

Patriot sejati bisa dimaknai sebagai ikhtiar menunjukan perbedaan sikap saat diperdengarkan lagu kebangsaan, Anda mengangkat tangan dan menaruhnya di pelipis sambil terus bergumam “kok yang lain tidak hormat ya? Apa saya yang salah ?”. Anda terus melakukan itu, sampai Anda merasa yakin hanya Anda sendiri yang berbeda dengan yang lainnya.

Ulama adalah apa yang memberikan preferensi politik pada pilihan Anda, sementara ulama yang amar Ma’ruf nahi munkar adalah teroris pemecah belah bangsa. Teroris bisa kembali menjadi ulama, Anda memohonnya hingga ke Mekah, asal mendukung Anda. Jika tidak, status ulama akan dicekal.

Penegakkan hukum adalah serangkaian aksi panggil panggilan, mengumbar ujaran tidak perlu takut, hanya diambil keterangan, meskipun tidak ada kaitan dengan apa yang dipersoalkan. Masalah hukum adalah ketika Anda Berbeda pilihan politik. Penegakan hukum adalah ikhtiar agar lawan politik tunduk atau memaksa pihak tertentu agar memiliki kesatuan pandangan politik.

Lari dari hukum adalah Anda terkena masalah, lalu Anda membakar buku tabungan Anda, Anda lupa mengunci pintu dan jendela, saat itu ada Petruk dan Gareng melihat kelakuan Anda. Lari dari hukum jika jarak tempuhnya panjang, berarti Anda Sedang melakukan maraton hukum. Percayalah, Anda pasti lelah dan tertangkap.

Hukum adalah apa yang diinginkan penguasa. Politik adalah cara untuk terus mempertahankan kekuasaan. Hukum dan politik, jika berselingkuh Anda akan mendapatkan keturunan anak haram sampai dua periode.

Ada bisa menambah perbendaharaan kata lagi ? [].