Saatnya Kita Hijrah!

513

Oleh: Minah, S.Pd.I
Lingkar Studi Perempuan dan Peradaban

Di era kebebasan saat ini benar-benar membuat hati menangis. Miris, bahkan memprihatinkan. Sejatinya, anak maupun remaja adalah aset Bangsa. Bagaimana bangsa ini bisa baik jika remajanya rusak? siapa yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan jika generasinya rusak?

Remaja adalah generasi harapan masa depan. Di pundak mereka ada harapan sebagai peubah peradaban. Karenanya, para remaja harus memahami identitas dirinya. Berpegang teguh pada prinsip yang kuat. Prinsip yang lahir dari sebuah keyakinan dalam memandang kehidupan. Dari mana, untuk apa dan mau ke mana kehidupan ini? Harusnya terjawab tuntas sebagai bekal untuk menaklukkan peradaban kelam.

Sayangnya, kebanyakan remaja zaman sekarang justru mengalami krisis identitas. Tidak memahami jati dirinya. Jauh dari agama dan lebih memilih gaya hidup bebas, semaunya. Temuan kasus pergaulan bebas antarpelajar hingga melakukan perzinaan tidak terhitung lagi jumlahnya. Hampir setiap hari memenuhi lini media masa. Fakta-fakta pergaulan bebas, tawuran, narkoba dikalangan remaja yang semakin meningkat menambah deretan kegelapan hari-hari yang menimpa umat. Ini sungguh sangat memprihatinkan.

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka jahannam itu kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai quIub, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat ayat Allah), mereka mempunyai mata tetapi tidak dipergunakannya untuk melihat (kebenaran dan kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga tetapi tidak dipergunakan untuk mendengar (ayat ayat Allah). Mereka itu seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang orang yang lalai.”(QS al Araf [7]: 179).

Oleh karena itu, saatnya kita hijrah! Hijrah kearah yang lebih baik. dengan keimanan, kita harus hijrah menuju keridhoan Allah.

Hijrah adalah taubat untuk meninggalkan segala dosa-dosa, hijrah adalah meninggalkan dan menjauhi keburukan untuk mencari, mencintai dan mendapatkan kebaikan. Berhijrah untuk menjadi pribadi yang lebih taat yakni menjadi sholeh sholehah.

“Seorang Muslim adalah orang yang menjadikan Muslim lain selamat dari lisan dan tangannya. Seorang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan apa saja yang dilarang oleh Allah.” (HR Bukhari, Abu Daud, Nasai, Ahmad, Hakim, Ibn Hibban & Humaidi)

Karenanya, berhijrah niatkan dengan semata-mata ingin mendapatkan ridho Allah, bertaubat atas perbuatan yang telah diperbuat saat melanggar aturan Allah. Berusaha untuk tidak melakukan dosa-dosa. Dan senantiasa istiqomah dalam hijrahnya. Semakin mendekatkan diri kepada Allah, berakidah Islam, menjaga pergaulan, menutup aurat, rajin sholat, rajin menuntut ilmu Islam dan amalan-amalan yang lain hendaklah dijalankan. Karena kewajiban kita sebagai seorang Muslim adalah senantiasa tunduk dan taat kepada Allah SWT. Yuk Hijrah ke arah yang lebih baik!