Jakarta, Telegram – Jika dianggap telah mengeluarkan ancaman kepada Pansus KPK, Ketua KPK Agus Rahardjo minta maaf. “Saya minta maaf jika perkataan saya menyinggung teman-teman di Pansus KPK,” katanya saat rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi III DPR dan KPK di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9).

Agus menjelaskan bahwa pernyataannya tentang pertimbangan penerapan pasal obstruction of justice kepada Pansus KPK bukan dimaksudkan untuk mengancam.

Ia juga sadar bahwa pasal menghalang-halangi proses penegakan hukum tidak bisa diterapkan kepada lembaga, tapi kepada seseorang yang menghalangi proses penyidikan.

“Sama sekali tidak mengancam. Kalau bapak dan ibu merasa diancam saya mohon maaf terus terang. Kami (hanya) mempertimbangkan, mempelajari. Kami juga menyadari obstruction of justice tidak bisa kepada lembaga,” sambung Agus.

Pada akhir bulan lalu, Agus pernah mengumbar statement akan mengkaji penggunaan Pasal 21 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi untuk menjerat anggota Pansus Angket karena dianggap merintangi proses penanganan korupsi KTP-el.

“Kami sedang mempertimbangkan, misalnya kalau begini terus, obstruction of justice ini dapat kami terapkan,” jelasnya di Kantor KPK, Kamis (31/8).[ham/rmol]