Jakarta, Telegram – Indonesia telah menunjukkan kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan komitmen dalam menjaga perdamaian dunia. Khususnya, dalam menangani krisis kemanusiaan terhadap warga rohingya di Rakhine, Myanmar.
“Saya menyambut baik langkah cepat Presiden Jokowi mengirim Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi ke Myanmar untuk melakukan berbagai pertemuan dengan para pejabat terkait di Myanmar,” kata Ketua DPR Setya Novanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/9).

Dijelaskan Novanto bahwa DPR RI melalui peran Diplomasi Parlemen juga tidak tinggal diam menanggapi kasus tersebut.

Katanya, DPR RI akan membawa tragedi kemanusiaan rohingnya ke dalam World Parliamentary Forum atau Forum Parlemen Dunia yang diselenggarakan pada 6 hingga 7 September di Bali.

“Kita berharap akan ada resolusi bersama dari berbagai negara peserta sidang untuk mengutuk dan meminta Pemerintah Myanmar tak menutup mata,” tegas ketua umum Partai Golkar itu.

Menurutnya, DPR juga tidak menutup kemungkinan akan membawa masalah ini ke dalam ASEAN Inter Parliamentary Assembly (Majelis Parlemen ASEAN). Diharapkan, parlemen dari berbagai negara di kawasan ASEAN memberikan satu suara yang sama.

“Yaitu, meminta Myanmar sebagai bagian dari ASEAN turut menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian di dalam negerinya,” pungkas Novanto.[ham/rmol]