Telegram – Leg pertama semifinal Piala Presiden 2017 di Stadion Segiri Samarinda, Kamis malam, Pusamania Borneo FC (PBFC) sukses mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-1.

Kekalahan ini kali pertama bagi Persib selama perhelatan Piala Presiden 2017, sementara PBFC hanya perlu hasil imbang pada laga leg kedua yang bakal dilangsungkan di kandang Persib hari Minggu (5/3).

Absennya bomber andalan Persib Sergio Van Dijk membuat Persib kehilangan sedikit kekuatannya, setelah selama babak penyisihan “Maung Bandung” ini banyak pertumpu pada pada pemain naturalisasi asal Belanda tersebut.

Pada babak pertama, PBFC langsung memeragakan permainan terbuka dengan menekan pertahanan Persib. Pada sepuluh menit pertama, permainan Persib tak berkembang dan terus digempur lini tim tuan ruman.

Persib yang hanya mengandalkan serangan balik, namun selalu dipatahkan oleh pemain belakang Kunihiro Yamashita, Dirkir Kohn Glay, Zulvin Zamrun, dan Michael Orah yang bekerjasama rapih sejak menit-menit awal. Pergerakan Febri Haryadi, yang biasanya merepotkan,  tidak berpengaruh bagi mereka.

Pada menit ke-14 Reinaldo berhasil membawa tim berjuluk Pesut Etam memimpin melalui sundulannya usai memaksimalkan umpan tendangan sudut Asri Akbar. Usai gol tersebut, Persib masih kesulitan untuk keluar dari tekanan PBFC.

Baru menjelang babak pertama berakhir, Vladimir Vudjovic berhasil membuat suporter PBFC terdiam saat sundulannya mampu merobek jala yang di jaga Wawan Hendrawan menit ke-44. Pertandingan paruh waktu pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Selepas turun minum, Persib mampu mendominasi jalannya pertandingan, apalagi setelah Djajang Nurjaman memasukan Shohei Matsunaga dan Supardi untuk mengantikan Gian Zola, dan Angga Febriyanto.

Kedua pemain itu membuat lini tengah Persib lebih bervariasi dalam serangan. Beberapa kali mereka mampu membuat pemain belakang PBFC bekerja keras mengawal pergerakan mereka.

Namun dominasi Persib tak bertahan lama, PBFC kembali menambah keunggulan menit ke-67 lewat sundulan Patrich Wanggai menerima umpan tendangan bebas Asri Akbar, kedudukan menjadi 2-1. Dalam pertandingan tersebut, Asri menjadi pemain terbaik PBFC dengan menyumbang dua assist.

Skor 2-1 tetap bertahan sampai wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Meski kalah, peluang Persib melaju ke final masih terbuka lebar. Pasalnya hanya dengan 1-0, Persib dapat masuk ke babak final karena mempunyai selisih gol tandang.

Sedangkan bagi PBFC, mereka hanya butuh hasil imbang di leg kedua untuk melaju ke babak Final yang rencananya akan diselenggarakan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.[ham/ant]