Pameran Foto KANTO BARITO: Sepenggal Cerita dari Seribu Sungai di Tanah Banua

859

Jakarta, Telegram – Pada Agustus tahun 2015 KMPF UNJ melaksanakan hunting eksplorasi ke provinsi Kalimantan Selatan. Sebanyak 12 orang yang terdiri dari 5 anggota tim (Zizi, Naufal, Topa, Abi, Aldy) dan 7 peserta (Atika, Adinda, Eka, Ayu, Hana, Gina, Yosi) melakukan eksplorasi di sana. Selama 16 hari (6-22 Agustus 2015) para peserta berusaha mengangkat isu dari seribu anak sungai Barito di daerah Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Setelah hunting eksplorasi Kalsel rampung dilaksanakan, pada tanggal 31 Oktober – 4 November 2016 bertempat di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, KMPF UNJ menggelar eksibisi pameran foto hasil hunting eksplorasi tersebut. Dengan mengusung judul pameran ‘KANTO BARITO: Sepenggal Cerita dari Seribu Sungai di Tanah Banua’ pameris (yang merupakan peserta hunting eksplorasi) memperlihatkan sisi kehidupan sungai Barito dan anak sungainya bagi masyarakat di sekitarnya dari bermacam-macam. Pameran ini dikuratori oleh kontributor National Geographic Indonesia Feri Latief dan Fotografer Majalah Kontan Muradi Romdani.

Pameran dibuka pada tanggal 31 Oktober pukul 17.00 dan akan dimeriahkan dengan petunjukan tradisional khas Kalimantan Selatan. Selain memamerkan karya foto, dalam eksibisi ini diselenggarakan seminar fotografi bertema ‘Pentingnya Riset Sebelum Hunting’ dengan pembicara Feri Latief. Seminar diadakan di Ruang Satelit Kementerian Pariwisata pada tanggal 2 November 2016.[ham]