Pesona Meti Kei, Pariwisata Alam Satu Tahun Sekali

Pulai Kei adalah salah satu pulau yang memiliki sejuta keindahan di timur Indonesia

2609

Oleh: Noval Albram*

Kei, Maluku Tenggara – Telegram, Seakan tidak pernah habis pesona alam di kepulauan kei maluku tenggara, daerah yang di sebut Nuhu Evav, kedatangan momentum langkah dalam satu tahun sekali. Fenomena alam ini disebut Meti Kei atau pasang surut air laut puluhan kilometer pada daerah pesisir pantai, nampak terlihat pasir putih, terumbu karang, rumput laut dan berbagai biota laut kondisi ini sangat di nantikan oleh masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara.

Peristiwa yang terjadi pada bulan september sampai oktober ini terjadi secara alamiah, sama seperti pasang surut di daerah lain namun di kepulauan kei sangat berbeda karena keindahan panorama alamnya. pemerintah daerah menyambut baik dengan mengadakan festival meti kei Pada tanggal,8-22 Oktober 2016 mendatang berbagai kegiatan sosial, karnaval budaya, festival seni budaya, tarian tradisional, diving dan snorkling, festival menu khas (enbal), tour keliling pulau–pulau, pameran potensi wisata, festival cerita rakyat, lombah foto wisata.

si_20160906_082653

Masih banyak keungulan di sektor pariwisata yang sangat indah beberapa objek seperti; pantai pasir panjang–ngurbloat, pulau bair, gua hawang, pasir timbul ngurtavur–habitat burung pelikan, desa adat tanimbar kei, tentunya untuk mengajak para wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung melihat langsung keunikan dan keindahan pantai di bumi Larvul Ngabal.

Masyarakat lokal dalam keseharian dengan adat istiadat, memberikan kenyamanan kepada para pengunjung datang berlibur mencari pemandangan indah yang tidak pernah di temukan di kota-kota manapun. festival meti kei ini, sangat di harapkan peningkatan perekonomiaan masyarakat maluku tenggara, menjaga kelestarian alam serta menjunjung nilai-nilai adat budaya, mempererat persaudaraan sehingga tercipnya maluku tenggara mandiri dan sejahtera.

*(Pegiat Mahasiswa dari HMI dan Perhimpunan Pemuda Kei Maluku)