Proses dan Manfaat yang di Dapatkan dari Assessment Center

Proses dan Manfaat yang di Dapatkan dari Assessment Center

Assessment center adalah salah satu tindakan atau cara yang dilakukan untuk mengetahui kualitas atau kompetensi seseorang yang mana biasanya dilakukan untuk mendapatkan sejauh mana orang tersebut mengembangkan apa yang dia kerjakan sebelumnya. Dan biasanya dalam proses assessment tersebut akan dilakukan atau melalui berbagai macam proses dan simulasi yang memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh dan tepat perkembangan seorang individu bagaimana nanti dia ke depannya.

Dan ketika seseorang mengikuti kegiatan assessment tersebut biasanya mereka akan diberikan berbagai macam tugas dan perannya. Dengan adanya tindakan tadi maka bisa membantu memperoleh gambaran dari setiap orang yang mengikuti tes tersebut, mulai dari bagaimana cara mereka dalam mengidentifikasi suatu masalah, bagaimana mereka tahu dan paham tentang cara yang digunakan untuk mengambil suatu keputusan yang berat atau bahkan juga bisa mengetahui bagaimana kinerja suatu individu atau bahkan kelompok sekalipun.

Dalam kegiatan assessment center melalui beberapa proses yang terdiri dari tiga bagian yang cukup utama yaitu pre atau sebelum assessment, pelaksanaan assessment dan laporan hasil assessment tersebut dan evaluasi. Dalam proses pre-assessment biasanya akan terdapat beberapa tahapan yang di dalamnya adalah penetapan suatu jabatan yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi kegiatan wawancara dan ada juga tes dengan pedoman yang lainnya dan dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya. Penasaran tentunya dengan apa saja manfaat dari kegiatan tersebut? Berikut penjelasannya:

  • Sangat membantu untuk mendapatkan orang-orang yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk mengisi suatu jabatan yang kosong. Dengan begitu maka tidak ada lagi keputusan yang salah hanya karena memilih orang yang kurang tepat untuk mengisi jabatan tertentu yang sudah pasti dampaknya juga akan sangat luar biasa sekali dalam perkembangan ke depannya. Apalagi jika jabatan yang diduduki adalah jabatan yang cukup penting.
  • Mampu memberikan identifikasi pada seluruh karyawan yang memang potensial untuk masa depan yang mana nanti akan dipersiapkan secara dini dan sematang mungkin. Tujuannya nanti ketika mereka sudah siap untuk mengisi jabatan tersebut tidak ada lagi masalah yang terjadi karena jabatan terisi oleh orang yang tidak tepat yang malah membuat kondisi menjadi kurang bagus dan pekerjaan mereka dipastikan juga tidak bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.
  • Membantu para karyawan untuk mengetahui apa saja kompetensi yang dimiliki oleh seorang karyawan. Dengan begitu nantinya ini juga menjadi tugas perusahaan untuk membimbing karyawan mereka pada jalan yang benar untuk mendapatkan karir yang lebih bagus. Tidak hanya untung pada karyawan saja tetapi untuk perusahaan juga akan sangat diuntungkan karena punya karyawan yang potensial dan selalu berkembang karena berjalan pada jalan yang sesuai dengan kompetensi mereka masing-masing.
See also  Ini Dia, Manfaat Jasa Ekspedisi dari Kliklogistics.co.id yang Harus Kamu Ketahui

Kegiatan assessment center apabila Anda perhatikan dengan seksama dari penjelasan singkat yang disebutkan di atas sudah pasti Anda punya gambaran sendiri betapa pentingnya kegiatan tersebut. Jadi jika Anda mencari tempat atau lembaga yang bagus untuk membantu kegiatan assessment tersebut untuk karyawan Anda misalnya, Anda jangan bingung cobalah bekerja sama dan menjadi bagian dari Prasmul-ELI. Dijamin aka nada banyak manfaat yang bisa Anda ambil. Salah satunya tujuan Anda untuk tahu perkembangan karyawan dan mendapatkan karyawan yang tepat untuk mengisi jabatan penting dalam perusahaan Anda. untuk info lebih lanjut tentang Prasmul-ELI bisa hubungi kontak berikut +62822 1111 1150.