Inilah Beberapa Keuntungan Menabung di Bank Syariah, Apa Saja?

Inilah Beberapa Keuntungan Menabung di Bank Syariah, Apa Saja?

Penetrasi tabungan syariah belum semasif tabungan konvensional. Tapi, sebelumnya dalam beberapa tahun belakangan ini, popularitas perbankan syariah semakin menguat dibarengi dengan tingkat kesadaran beragama masyarakat Indonesia yang semakin baik.

Pemerintah juga semakin memberi lampu hijau dengan mendirikan Bank Syariah Indonesia (BSI). BSI adalah hasil gabungan dari tiga bank Syariah BUMN, yaitu BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. Banyak yang akan Anda dapatkan ketika menabung di bank syariah. Sayangnya, keuntungan dan manfaat tersebut tidak diketahui oleh banyak orang. Lalu, apa saja sebenarnya keuntungan dari bank syariah ini? Di bawah ini penjelasannya.

Tak perlu khawatir saat transaksi, karena BSI menjelaskan setidaknya memiliki 18.291 jaringan ATM Bank BSI yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jumlah yang banyak tersebut anda tidak perlu khawatir lagi. Apabila anda tidak bisa menemukan lokasi atm, maka anda juga bisa datang saja ke kantor cabang terdekat dan melakukan penarikan tunai di sana karena sudah pasti kantor cabang menawarkan hal tersebut termasuk dalam menemukan lokasi atm bsi terdekat yang bisa anda temukan dengan sangat mudah.

Untuk bisa sepenuhnya menggunakan aplikasi tersebut, sudah jelas anda harus melakukan migrasi dan aktvasi lebih dulu. Download dan gunakan aplikasi dari sumber terpercaya seperti Play Store atau App store untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi iOS.

Sistem Bagi Hasil Bukan Bunga

Bank syariah menerapkan sistem bagi hasil, artinya keuntungan yang didapat untuk nasabah dihitung dari pendapatan yang diperoleh bank syariah. Maka, jika pendapatan bank semakin meningkat otomatis semakin besar pula hasil yang diperoleh nasabah. Sistem ini akan menghindarkan nasabah dari riba.

See also  Pemasaran Digital Efektif Di Palu 2023

Akad Sesuai dengan Syariat Islam

Akad atau perjanjian antara nasabah dengan pihak bank disepakati sesuai syariat. Ada dua akad yang ditawarkan, pertama adalah akad mudharabah yakni memberi izin kepada bank untuk mengelola uangnya di industri halal. Kedua ialah akad wadiah, yang mana nasabah hanya menabung saja, dan pihak bank hanya menyimpan dan tidak boleh menggunakan uang tersebut untuk dikelola. Meski hanya menyimpan ada beberapa bank syariah yang memberikan bonus sesuai keuntungan yang didapat bank.

Terjamin LPS

Sama dengan bank konvensional, simpanan nasabah di bank syariah dijamin keamanannya oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Tabungan nasabah akan dijamin jika suatu saat mengalami masalah tertentu. Tidak hanya dengan tabungan yang bersifat investasi namun tabungan yang sifatnya juga titipan. Jumlah tabungan titipan maupun investasi yang dijamin oleh LPS ini senilai Rp 2 milyar.

Fasilitas Internet Banking

Fasiltas dan teknologi Bank Syariah telah setara dengan bank konvesional. Artinya Anda tetap dapat menikmati teknologi internet banking untuk memudahkan transaksi.

Punya Produk yang Tak Ada di Bank konvesional

Beberapa bank syariah menawarkan produk yang tidak dimiliki bank konvesional. Di antaranya tabungan haji dan umrah, wakaf, tabungan kurban, hingga deposito syariah. Sudah tahu kan manfaat-manfaat menabung di bank syariah. Jadi, jangan ragu lagi untuk menabung di bank syariah ya.